Pages

Selasa, 25 April 2017

Satu hari di kepulauan Selayar


Pulau Selayar adalah satu wilayah kepulauan dan merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan. Kepulauan Selayar terletak di laut Flores, antara pulau Sulawei dan Flores. Kepulauan Selayar terdiri dari beberapa pulau, baik pulau yang dihuni masyarakat maupun tidak berpenghuni yang memiliki panorama alam dan pemandangan yang indah. Jadi Anda harus mengunjungi pulau ini karena wisata baharinya, produk tradisional atau budayanya, menikmati kuliner, dan mengelilingi pulau merupakan hal yang sangat mungkin untuk dilakukan di Pulau Selayar.

Kami memiliki beberapa paket perjalanan tetapi kali ini saya akan menjelaskan salah satu paket perjalanan wisata untuk satu hari.

Pukul 06.30-09.00 : Penginapan – Restoran di Plaza Marina – Taman Pelangi

Ada banyak penginapan di dalam kota Benteng, Kep. Selayar, salah satu yang terkenal ialah Selayar Beach Hotel dan tidak begitu jauh dari pantai. Untuk kegiatan pertama kami akan mengajak anda menikmati sarapan di restaurant yang ada di Plaza Marina dan restoran ini berada tepat di pinggir pantai, sebuah lapanga sepak bola, dan jug ataman Pelangi yang menjadi tempat menikmati waktu yang terbaru. Di pagi hari kita dapat melakukan banyak kegiatan di sekitar hotel dan restoran. Khususnya adalah menikmati matahari terbit di pantai atau bersenang-senang di taman Pelangi, berfoto atau bersepeda di pinggir pantai di dalam kota.

Pukul 09.00 – 11.00 : Desa Matalalang – Museum Nekara – Gong Nekara

Setelah beraktivitas di kota kita akan sedkit berkendara ke selatan kota. Perjalanan sekitar 5-10 menit dengan menggunakan mobil dari penginapan. Di desa ini kita akan menemukan sebuah museum. Museum ini disebut museum Nekara dan terdapat juga sebuah rumah adat selayar di dekat museum yang masyarakat menyebutnya Sapo Lohe. Disini terdapat banyak sekali benda-benda peninggalan masa lalu yang memiliki sejarah, yang sangat terkenal di museum ini adalah sebuah gong raksasa yang disebut Gong Nekara yang ditemukan sekitar tahun 1868 di Pulau Selayar. Di museum ini kita bisa menikmati segala sejarah dan berfoto di rumah adat yang ada.

Pukul 11.00 – 14.00 : Memancing dan Makan siang

Tidak jauh dari Museum Nekara terdapat sebuh restoran seafood dan kolam ikan. Masih di desa Matalalang, sebelum makan siang kita bisa memancing di kolam ikan yang ada dan menikmati waktu bersama dengan yang pengunjung lain. Setelah kita memancing kita bisa menikmati hasil pancingan kita sendiri atau memesan menu lain yang ada.

Pantai Baloya
Pukul 14.00 – 18.30 : Pantai Baloya – Gua di Baloya

Di Pantai Baloya kita bisa melakukan banyak kegiatan. Dari pukul 14.00 – 15.00 anda akan diajak masuk kedalam gua alam di dekat pantai Baloya, tentunya dengan dipandu oleh masyarakat sekitar dan penglola. Gua alam ini terdiri dari batuan stalagtit dan stalagmite dan disebabkan oleh tetesan air didalam gua. Masuk dari dalam gua dan keluar tepat di depan pantai, yapp gua ini terhubung langsung dengan pantai Baloya yang memiliki pasir putih. Setelah itu kita akan menikmati suasana pantai dan kita bisa melaukan banyak aktivitas di pantai Baloya, yang paling sering dilakukan disini adalah berenang dan berfoto tetapi pengunjung juga bisa snorkel, berjemur, dan menikmati matahari terbenam disini. Keunggulan pantai ini ialah terdapat pada pasirnya yang putih serta terdapat sebuah batu karang besar tepat didepan pantai. Biasanya pengunjung berusaha mencapai batu karang tersebut dengan berenang, karena letaknya memang berada tepat di depan pantai.

Pukul 18.30 : Kembali ke Penginapan

Setelah berkegiatan di kota dan mengunjungi beberapa tempat wisata di Selayar, pengunjung akan diajak kembali ke penginapan kemudian makan malam.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan

Saya Memohon kepada para pengunjung untuk menghargai segala isi yang ada pada blog ini, kritik dan saran yang membangun tentunya saya harapkan juga demi kemajuan blog sederhana ini. Tak Lupa Saya mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung Blog ini.